Kepala Puskesmas Sanrobone Hadir Bawakan Materi Di Pelatihan Peningkatan Kader Desa Banyuanyara

Kepala Puskesmas Sanrobone Hadir Bawakan Materi Di Pelatihan Peningkatan Kader Desa Banyuanyara
[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan "] [responsivevoice_button voice="#" buttontext="Stop"]

MITRAINDONESIANews, Takalar – Pemerintah Desa Banyuanyara menggelar pelatihan peningkatan Kapasitas Kader-kader desa yang akan membantu Pemerintahan desa dalam mensukseskan pembangunan dan seluruh kegiatan yang ada di desa. Termasuk dari sisi Kesehatan, dimana saat ini kita tengah menghadapi situasi pandemi Virus Covid-19 tentu kehadiran kader-kader Kesehatan di desa sangat membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi ini dengan menggalakkan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan Penularan Virus Corona atau Covid-19. Yang bertempat di Aula kantor Desa Banyuanyara, Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Sabtu (29/8/2020).

Kepala UPT Puskesmas Sanrobone Siti Sumarni, terlihat hadir sekaligus memberikan materi tentang kesehatan untuk para kader-kader kesehatan di desa. Dalam Materinya, Siti Sumarni menyampaikan hal-hal yang perlu dan Harus diketahui oleh semua kader-kader kesehatan di desa, kader Posyandu, dalam menjalankan tugas, dan fungsi serta perannya sebagai kader yang baik dalam menangani kesehatan. Termasuk tentang pengetahuan Materi kader kesehatan di desa dan di dusun.

“Saya menyampaikan kepada para kader kesehatan bahwa semua data, jumlah Penduduk, Jumlah KK dan jumlah jiwa, jumlah sarana air bersih, jumlah jamban keluarga, jumlah SPAL, Jumlah tempat Pembuangan sampah, berapa yang menggunakan air bersih, Jamban keluarga, SPAL, Pemilahan sampah. Kader kesehatan harus mengetahui hal ini. Karena inti dari penyebab permasalahan kesehatan dalam masyarakat semuanya berhubungan dengan menyangkut diatas. Jika, kita tidak ketahui dan pahami dan tidak cepat memberikan informasi ke pihak Puskemas tentu kader belum dianggap maksimal dalam bekerja,” kata Sumarni.

Lanjut dikatakan Sumarni, kami berharap para kader kesehatan, keamanan dan kebersihan dan kader Posyandu di desa harus bersinergi dengan baik sehingga mampu memberikan penanganan permasalahan kesehatan dengan baik bagi masyarakat didesa di lingkup kecamatan Sanrobone.” Harap Sumarni.

Untuk diketahui, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader-kader Kesehatan didesa Banyuanyara ini dilaksanakan dua hari oleh pihak pemdes Banyuanyara.(*)

Editor: Andika