Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Pada Masa Pandemi Covid-19

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Di Tps Pada Masa Pandemik Covid19
[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan "] [responsivevoice_button voice="#" buttontext="Stop"]

MITRAINDONESIANews, Gowa – Bertempat di halaman kantor Polsek Tinggimoncong Kabupaten Gowa telah berlangsung kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2020, Kamis (24/9/2020).

Simulasi Pemungutan dan penghitungan Suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di pimpin langsung oleh Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhlyh Sh.

Turut hadir dalam giat simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tps pada masa pandemi Covid-19 Camat Tinggimoncong dan Parigi yang diwakili oleh masing-masing Sekcam Tinggimoncong dan Parigi, Danramil Tinggimoncong yg diwakili oleh Danpos Tombolo Pao Pelda Marsuki serta jajaran Ketua PPK Tinggomoncong dan PPK Parigi beserta anggota, Ketua Panwascam Tinggimoncong serta Panwascam Parigi dan anggota.

Tahap demi tahap pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada masa pandemi Covid-19 di peragakan langsung oleh personil Polsek Tinggimoncong dan penyelanggaran pemilu kecamatan Tinggimoncong.

Kapolsek Juga menambahkan bahwa pemilih diwajibkan untuk tetap menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

“Pemilih yang masuk ke TPS kemudian akan diberi sarung tangan plastik sekali pakai dan pemberian hand sanitizer Hal ini untuk menghindari terjadinya perpindahan virus dan yang bersuhu tubuh diatas 37,5 diberi waktu sejanak apabila suhu tubuh tidak turun maka pemilih tidak diperkenankan masuk kedalam area TPS tetapi menggunakan hak pilihnya menggunakan bilik khusus yang telah disediakan” ujar Hasan.

Selesai mencoblos dan keluar dari bilik suara, pemilih akan diminta membuang sarung tangannya ke tempat sampah yang sudah disediakan Selanjutnya, jari pemilih akan diberi tinta tanda sudah mencoblos,Pemberian tinta tidak dilakukan dengan mencelupkan jari ke botol seperti biasanya tetapi menggunakan cotton bud sekali pakai atau di tetes kemudian cuci tangan ditempat yang telah disediakan di luar TPS” tambahnya.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS masa pandemi Covid-19 ini bertujuan untuk menyamakan presepsi dengan panitia penyelenggara pemilu dalam hal ini PPK, Panwascam, PPS sehingga nantinya saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Bupati dan Wakil Bupati Gowa tahun 2020 tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Sumber: Humas Tinggimoncong