Kunjungi Puskesmas, Tim Taskforce Kemenkes Pastikan Kesiapan Penanganan Covid-19

 

MAKASSAR, PEMPROV SULSEL, MITRAINDONESIAnews.com – Kamis, 01 Oktober 2020 , Tim Taskforce Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan ke sejumlah Puskesmas yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, yaitu Puskesmas Bontomatene, Puskesmas Barugaya dan Puskesmas Benteng. Kunjungan ini dilakukan untuk bisa mengetahui secara langsung kesiapan Penanganan Covid-19 di Puskesmas.

Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS mengatakan, kunjungan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua petugas kesehatan yang bertugas dalam melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) sudah sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 Revisi Ke-5.

“Pertama, kita tentu memastikan bahwa semua petugas yang bertugas di dalam melakukan penulusuran kontak atau penyelidikan epidemologi sudah memahami protokol atau Pendoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Revisi ke-5,” jelasnya.

Ia mengingatkan, Puskesmas memiliki peran dalam meningkatkan komunikasi dan edukasi kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan. Khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Sebentar lagi akan ada Pilkada di Kabupaten Selayar ini, tentu peran Puskesmas di dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat sangat penting. Puskesmas akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang 4M, yaitu tentu bagaimana masyarakat diminta untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan juga menghindari kerumunan,” tambahnya.

Selain itu, dr. Pattiselanno juga menjelaskan, untuk penurunan angka positify rate, Puskesmas tidak perlu melakukan screening massal yang tidak tepat sasaran. Namun, melakukan screening terhadap orang-orang yang memiliki gejala sehingga tepat sasaran, seperti pasien yang menderita ISPA yang banyak ditemukan di Puskesmas dan berpotensi terhadap Covid-19.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dr. H. Husaini M.Kes mengatakan, kunjungan ini dapat memberikan masukan dan arahan secara langsung untuk Puskesmas dari yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan, baik dari segi pelayanan hingga kesiapan sarana dan prasarana dalam penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah pada hari ini kita kedatangan tamu dari Tim Taskforce Kementerian Kesehatan. Kami sangat bersyukur karena bisa bertatap muka langsung oleh tim, boleh dikata monitoring dan evaluasi dari Kementerian Kesehatan secara langsung mengenai program-program yang terkait dengan Covid-19,” katanya.

Kepala Puskesmas Benteng, dr. Frenky Wijaya juga mengatakan, kunjungan Kementerian Kesehatan ini memberikan motivasi untuk para tenaga kesehatan di Puskesmas yang merupakan motor penggerak penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Ini sangat memberikan energi yang positif, karena mendapatkan support dan apresiasi dari Kementerian Kesehatan untuk kami dapat terus berjuang dalam proses pemutusan mata rantai penularan Covid-19,” katanya.

dr. Pattiselanno menambahkan, saat ini ketiga Puskesmas yang telah dikunjunginya secara langsung sudah melakukan penanganan Covid-19 dengan baik. Hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan kembali, sampai pandemi ini pun berlalu dan khususnya saat menghadapi Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember nanti.

“Untuk seterusnya, kita berharap teman-teman di Puskesmas tetap melakukan edukasi kepada masyarakat agar memperhatikan 4M. Juga melakukan tracing, testing, dan treatment itu betul-betul tepat sasaran,” tutupnya. (*)