Abdul Hayat Ikuti Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN

Abdul Hayat Ikuti Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN

MITRAINDONESIANews, Makassar – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, telah menghadiri Kampanye Virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN “ASN Netral, Birokrasi, Kuat dan Mandiri”, di Rumah Jabatan Sekretaris Daerah Sulsel, Rabu, 7 Oktober 2020.

Kampanye tersebut dipimpin langsung Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin.

Adapun tujuan kampanye adalah dalam rangka mewujudkan percepatan reformasi birokrasi Indonesia maju menuju ASN dan birokrasi kelas dunia.

“Program ini sangatlah penting sebagai salah satu upaya pencegahan agar KASN terus meningkatkan kinerja melalui koordinasi yang lebih baik dan kerja kolaboratif dengan Bawaslu dan Kementrian, Lembaga Pemerintah terkait serta Pemerintah Daerah,” jelas Wapres KH Ma’ruf Amin.

Sementara, Ketua Komisi ll, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, mengatakan, pihaknya terus mendukung KASN dalam pengawasan dan pembinaan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku serta netralitas ASN.

“Komisi II sepakat memperkuat KASN, kami sedang merumuskan KASN semakin hari semakin kuat, dengan didukung oleh juga SDM yang kuat, berintegritas dan penuh reputasi,” jelas Ahmad Doli.

Ia menegaskan, penegakan hukum (law enforcement) adalah kata kunci dalam pengawasan netralitas ASN, yaitu rendahnya pemberian sanksi bagi pelanggar netralitas ASN, dan atas hal tersebut kehadiran KASN menjadi strategis.

“Adapun penyalahgunaan wewenang dalam hukum administrasi, seperti penyalahgunaan wewenang dalam melakukan tindakan yang bertentangan dengan kepentingan umum untuk menguntungkan kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan,” tegasnya. (*)