Tolak UU Omnibus Law, Mahasiswa dan Aliansi Masyarakat Pinrang Gelar Aksi Demo

Tolak UU Omnibus Law, Mahasiswa dan Aliansi Masyarakat Pinrang Gelar Aksi Demo
[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan "] [responsivevoice_button voice="#" buttontext="Stop"]

MITRAINDONESIANews, Pinrang – Aksi penolakan terhadap undang-undang omnibus law yang dinilai merugikan rakyat itu terjadi hampir diseluruh daerah di tanah air.

Salah satunya, daerah Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, Ratusan pengunjuk rasa menggelar demonstrasi penolakan pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja yang digelar di depan Mall Sejahtera, Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Kamis 08 Oktober 2020.

Aksi gabungan aliansi Mahasiswa dan warga Masyarakat daerah Pinrang itu melibatkan 11 organisasi yakni, PMII, HMI, Semmi, GSBN, Sapma, IPMAL, IKPMP, Gondrong Pinrang, Bem STT Baramuli, Pustaka Jalanan, dan BEM STAI DDI Pinrang.

“Penolakan terhadap undang-undang omnibus law ini bukan hanya sekarang tetapi penolakan tersebut sejak semula RUU Omnibus Law dirancang memang sudah ditolak keberadaannya oleh masyarakat,” Ujar Trigosal Ariadi selaku Korlap aksi.

Ariadi juga mengatakan, penolakan tersebut didasari berbagai faktor dan salah satunya bahwa, UU itu memuat kepentingan yang menguntungkan kalangan elit pemodal dan akan menelantarkan kaum buruh.

Ariadi juga mengucapkan, “UU Omnibus law juga berpotensi mengancam keberlangsungan lingkungan hidup dan menguras sumber daya yang ada dan Itulah alasan kami menolak UU tersebut,” Ungkap Trigosal yang tak lain adalah ketua umum PMII Cabang Pinrang.

Atas dasar penolakan tersebut, para demonstran pun menyuarakan beragam tuntutan dan pernyataan sikap.

Dengan demikian dan dalam orasinya, menyampaikan pernyataan sikap “Menolak UU Omnibus Law yang tidak pro terhadap rakyat kecil, mendesak Presiden agar mengeluarkan Perpu pembatalan Omnibus Law, serta mendesak DPRD Pinrang untuk turut menolak Omnibus Law dan Kami atas nama aliansi juga mendesak pemerintah agar membuka ruang partisipasi bagi masyarakat dalam setiap penyusunan dan perbaikan kebijakan,” Pungkasnya.

Lokasi aksi demonstran berjalan lancar hingga di depan Patung Lasinrang dan berakhir di Kantor DPRD Pinrang dan aksi tersebut berjalan tertib dan aman.

Reporter: Muh Saleh AR