Kawanan Perampok Tewas Baku Tembak dengan Prajurit TNI AL

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan "] [responsivevoice_button voice="#" buttontext="Stop"]

 

SUMUT, MITRAINDONESIAnews.com – Asahan mencekam. Salah seorang kawanan perampok tewas di tempat usai terlibat baku tembak dengan prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai-Asahan, Sumatra Utara Kamis (4/2/21).

Namun tewasnya kawanan perampok tersebut bermula adanya kasus penyanderaan terhadap nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) sebuah kapal motor (KM) yang terbuat dari bahan kayu.

Saat belum terjadinya peristiwa baku tembak di perairan Sungai Asahan, prajurit dari Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Lanal Tanjungbalai-Asahan telah melakukan tembakan peringatan usai melakukan pengejaran.

Tapi suara tembakan tersebut tidak dihiraukan, malah kawanan perampok tetap ngotot untuk memaksa agar nakhoda kapal memutar haluan dari lokasi penembakan.

Demikian hasil simulasi operasi penindakan terhadap kasus kejahatan laut yang diperankan prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai-Asahan.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjungbalai- Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory secara terpisah membenarkan adanya kegiatan simulasi

“Simulasi itu dilaksanakan sepulang melaksanakan kegiatan latihan menembak di Pulau Salah Namo Kabupaten Batu Bara. Dalam kegiatan itu, sebanyak 40 personil Lanal Tanjungbalai-Asahan ikut dilibatkan,” ucapnya.

Karena kronologis dari simulasi tersebut, kata Robinson, bermula adanya informasi yang diterima akan adanya kasus perampokan dan penyanderaan di laut. “Begitu informasi itu kita terima, saya langsung menerjunkan tim satuan tugas anti teror VBSS untuk menyelamatkan para sandera,” tegasnya.

“Tapi dalam operasi penyelamatan itu, salah satu dari kawanan perampok meninggal dunia usai terlibat baku tembak dengan prajurit kita,” sebutnya. Simulasi operasi penyelamatan
terhadap kasus kejahatan dilaut itu, sambung Letkol Laut (P) Robinson, dipimpin Danposal TanjungTiram Letda Mar Candra.(*)