Kedatangan Jokowi di Makassar Siap Dihadang LSM PERAK, Ini Kata Ketuanya

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan "] [responsivevoice_button voice="#" buttontext="Stop"]

Makassar, mitraindonesianews.com — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diagendakan meninjau pelaksanaan Festival Smart Vaksinasi Coronavirus Disease (COVID-19) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini ke Makassar dijadwalkan, Kamis (18/3/21). Namun, merebak kabar adanya penolakan dari sejumlah elemen di Kota Makassar. Salah satunya selebaran penyampaian aksi yang diduga berasal dari LSM PERAK Sulawesi Selatan yang selama ini getol meneriakkan anti korupsi.

Ketua LSM PERAK, Adiarsa MJ, SH yang ditemui membantah pihaknya akan menurunkan massa untuk aksi unjuk rasa di Makassar menolak kedatangan Presiden Jokowi.

“Kami pastikan besok kami tidak turun apalagi mengkomandoi massa secara besar-besaran menolak Kedatangan Presiden Jokowi,” ucapnya saat memberikan keterangan di Rumah Makan Konro Karebosi Jl Gunung Lompobattang, Rabu malam (17/3/21).

Ia juga mengatakan, sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian memastikan tidak ada gerakan di hari kedatangan Jokowi.

“Jadi tidak benar itu, intinya kami salah satu organisasi kemasyarakatan yang cinta damai dan punya pertimbangan dalam melangkah termasuk upaya hukum jika itu diperlukan. Namun, untuk aksi besok kawan-kawan dan simpul-simpul di lapangan tidak ada akselerasi apalagi gerakan yang berlebihan,” ungkapnya.

Namun, Adiarsa menghargai kawan-kawan Aktifis penggiat LSM dan Mahasiswa jika punya pandangan berbeda menyikapi problema yang dialami bangsa ini selama dipimpin Presiden Joko Widodo.

“Silahkan kawan-kawan turun ke jalan itu hak dan sikapnya dalam memberikan kritikan kepada pemerintahan yang dipimpin Pak Jokowi,” tutup pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.

Direncanakan, Festival Smart Vaksinasi akan dilaksanakan di pusat kota, dengan dua pilihan pada tempat terbuka, yakni Anjungan Pantai Losari atau di tribun Lapangan Karebosi Makassar. Kendati demikian, urung dilakukan karena pertimbangan cuaca.

Mengenai kepastian peninjauan orang nomor satu Indonesia itu, sudah disiapkan lokasi terdekat dengan beberapa lokasi peninjauan Presiden saat di Sulsel.

Rencana penggunaan Hotel Dalton di Jalan Perintis Kemerdekaan, tidak jauh dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Rencananya, Festival Smart Vaksinasi digelar sebagai awal salah satu poin dalam program Makassar Recover, dalam menekan laju penularan COVID-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel telah rapat agenda kunjungan Presiden Jokowi di sejumlah lokasi di Sulawesi Selatan. Presiden dijadwalkan ke Toraja dan sekaligus meninjau kolam regulasi Nipa-nipa di Moncongloe, Kabupaten Maros.

Kolam Regulasi Nipa-nipa dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kolam penampungan air ini di antara Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, dan Kota Makassar. Selain peninjauan Kolam Nipa-nipa, Pemprov Sulsel juga memasukkan agenda tambahan agar sedianya Tol Layang di Jalan Andi Pangeran Pettarani Kota Makasar ikut diresmikan Presiden.

(*)